nama

nama

Jumat, 03 Juni 2016

Analisis Web *12 Tools Pengukuran Web



Di bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengeukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.

Tools-tools pengukur analisis web :
  • SEO (Search Engine Optimization) adalah mengoptimalkan sebuah blog/web dengan memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword agar dibanjiri pengunjung yang datang dari search engine.
  • GTmetrix merupakan sebuah situs dimana kita dapat mengetahui berbagai hal yang membuat blog/web kita lambat dan performa blog/web ketika akses, tersedia secara gratis dengan mengunakan yahoo Yslow dan Google page speed sebagai mesin penganalisa dan menampilkan hasil juga rekomendasi yang harus dilakukan.
Kelebihan dari GTmetrix :
  1. dapat membandingkan beberapa URL secara bersamaan.
  2. dapt menjadwalkan pengecekan web/blog secara otomatis dan dapat menyimpan laporan.
kekurangan dari GTmetrix :
      1. Dalam penggunaan GTmetrix harus menggunakan koneksi internet yang cepat.
  • Keynote Internet Testing Environment (KITE)Alat pengujian dan pengukur berbasis desktop yang digunakan untuk merekam atau mengedittransaksi web dan menganalis kinerja dari aplikasi web. KITE sangat mudah untuk digunakan dan sebagai salah satu alat yang sudah cukup terkenal didunia.
  • CloudStatus adalah alat pengukur web yang berfungsi menelusuri kinerja utama dari layanan-layanan cloud computing. CloudStatus terdiri dari 5 layanan dasar yang ditawarkan oleh amazon, dan memiliki kemampuan monitoring yang lebih baik.
  • Jiffy tersedia secara bebas(open source). Cara kerja jiffy adalah dengan memasukan kode jiffy ke dalam halamanhalaman web yang akan di telusuri. Dengan jiffy kita dapat mengukur page rendering times, melaporkan hasil pengukuran dari web server, aggregate log into database, dan membuat laporan-laporan.
  • WAVE merupakan tool interaktif yang menunjukkan tingkat kunjungan dari website dengan 3 cara yang berbeda: “Errors, Features, and Alerts”, “Structure/Order”, dan Text-Only”.
  • AccessColor. Tes AccessColor kontras warna dan “color brightness” antara bagian depan dan belakang dari semua element DOM. AccessColor akan menemukan kombinasi warna yang relevan dengan dokumen HTML dan CSS.
  • aDesigner adalah simulator yang membantu desainer untuk memastikan konten dan aplikasinya diakses. aDesigner juga membantu user untuk cek aksesbility dokumen ODF dan Flash.
  • Alexa adalah satu alat yang sangat penting bagi penayang iklan, Banyak marketing online menggunakan alexa sebagai salah satu indikator untuk mengetahui reputasi web. Dengan ranking alexa yang semakin kecil maka posisi web tersebut sangat baik untuk mesin pencari. Alexa menghitung ranking situs mulai dari puluhan juta hingga pada titik nol yang sekarang ini dipegang oleh google.com.
  • Small Seo tool yang menjadi salah satu alat ukur untuk mengetahui reputasi web. Banyak sekali tool online yang disediakan oleh small seo tool secara gratis. Anda bisa menggunakan alat ukur ini untuk mengetahui semua tentang perkembangan situs Anda. Yang menarik dari tool online ini adalah Anda bebas menggunakan semua alat disana dan satu lagi yaitu Anda bebas menggunakan tanpa harus login atau daftar terlebih dahulu. Kebanyakan tool online semuanya inginkan email dan nama kita, Namun dengan small seo tool semua itu tidak harus. Tool online yang disediakan oleh small seo tool sangat lengkap Kapan pun Anda inginkan. Tapi yang pasti semua tool online yang disediakan untuk memonitoring perkembangan situs dan reputasi web Anda.
  • Firefox Accessibility Extension Jika anda termasuk pengguna web browser Firefox, maka Add-ons Friefox ini sangat penting karena dengan Add-ons ini, anda dapat aktifkan setiap element desain dari halaman website. Anda dapat dengan cepat buat daftar gambar dan element yang lain. Add-ons ini juga disertakan dengan standar validasi “W3C HTML Validator” .
  • Colour Blindness Simulator, dapat membantu anda untuk memeriksa bagaimana aspek gambar dan pewarnaan (color) dari website/blog. Anda juga dapat dengan cepat upload file gambar (JPEG) dengan resolusi 1000x1000px  dan analisa aspek pewarnaan halaman website anda.



Pembasan berikutnya tentang bagaimana sebuah web perlu dianalisis , yaitu :
1. membantu mengetahui nilai yang akan didapat dari suatu web maupun blog
2. membantu memantau beberapa lama pengunjung yang membuka situs web tersebut
3. membantu mengoptimalkan situs web dalam hal penampilan dan menambah informasi.  

Source :
https://elsietelibertador76.wordpress.com/tag/pengukuran-web/
http://blog.pusathosting.com/2015/06/13/4-tool-online-untuk-mengukur-reputasi-web/
http://lintartamara.blogspot.co.id/2013/04/analisis-web-pengukuran-web-crawler.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar