nama

nama

Jumat, 09 Januari 2015

Pengaruh arus Globalisasi khususnya pada aspek Sosial Budaya dan Cara kita membentengi diri kita pada aspek tersebut.




 
Assalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

            Sebelumnya membahas Judul diatas, ada beberapa pertanyaan yang harus kita ketahui sebelumnya.  Apa yang dimaksud dengan Globalisasi itu sendiri?.., Mengapa banyak dari orang yang merasa khawatir dari dampak dan pengaruh globalisasi?.., Dalam aspek sosial budaya apa dampak nyata nya mengapa bangsa indonesia harus khawatir oleh pengaruh arus globalisasi ini?.., Bagaimana cara kita untuk membentengi diri kita dari pengaruh globalisasi ini khususnya pada aspek sosial budaya?...

Pengertian Globalisasi menurut bahasa adalah Global dan sasi, Global adalah mendunia, dan Sasi adalah Proses, jadi apabila pengertian Globalisasi menurut bahasa ini di gabungkan menjadi “Sesuatu proses yang mendunia”.

Pengertian Globalisasi menurut para ahli:
·         Thomas L. Friedman : Globalisasi memiliki dimensi idelogi dan teknologi. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia .
·         Selo Soemardjan : Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalah untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB, OKI.
Jadi Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.
Globalisasi juga merupakan proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik. Khususnya, globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan di bidang komunikasi dunia. Ada pula yang mendefinisikan globalisasi sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi.


            Dari beberapa ulasan diatas, pantas saja Indonesia harus waspada dan khawatir terhadap pengaruh arus Globalisasi yang sangat deras tersebut di segala bidang seperti ekonomi, politik, sosial budaya, informasi, pendidikan, keamanan dan lain-lain.
Contoh yang paling banyak kita hadapi sekarang ini ada pada aspek atau bidang sosial budaya, karena pada aspek ini lah merupakan cerminan sikap, norma-norma dan kebudayaan asli kita bangsa indonesia, bayangkan saja indonesia yang memiliki budaya yang ketimuran yang memiliki norma dan sikap yang santun, saling menolong, menghargai satu sama lain, ramah, bergaya hidup teratur dan dalam berbusana pun sangat sopan, lalu bertemu dengan budaya barat yang hidup serba bebas, yang acuh terhadap lingkungan sekitar dan sikap individualisme serta dalam hal berperilaku yang sangat bertolak belakang dengan kehidupan bangsa indonesia sendiri.

Tentunya dampak globalisasi bukan hanya pada hal yang negatif nya saja, sangat tidak adil jika kita hanya melihat globalisasi dari pandangan negatif atau kelemahannya saja, banyak sekalu dampak positif yang dapat kita ambil dari arus globalisasi ini.
Berikut beberapa dampak positif dan negatif arus globalisasi:
             
Dampak Positif :

1. Turut serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial internasional.
2. Menjunjung tinggi pelaksanaan HAM.
3. Mengadakan pertukaran pelajar antar negara.
4. Meningkatkan pembelajaran mengenai tata nilai sosial budaya.
5. Adanya rasa solidaritas sosial yang tinggi.
6. Menumbuhkan sikap toleran.
7. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri.
8. Meningkatkan etos kerja yang tinggi.
9. Meningkatkan pembelajaran tentang perilaku sosial dan budaya.
10. Meluasnya segala informasi budaya melalui teknologi informasi yang berkembang pesat.

Dampak Negatif :

1. Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia.
2. Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal.
3. Semakin bertambahnya nilai budaya kaum kapitalis.
4. Rasa kekeluargaan yang berkurang.
5. Lunturnya semangat gotong royong dan kesetiakawanan
6. Erosi nilai-nilai budaya.
7. Terjadinya akulturasi budaya.
8. Meningkatnya individualisme.
9. Sikap menutup diri.
10. Pudarnya semangat nasionalisme.
11. Hidup Serba instant.
12. Berkembangnya perilaku Hedonisme
13. Berkembangnya paham liberalisme dan sekularisme
            

            Dari dampak-dampak tersebut apa yang harus dilakukan bangsa indonesia sendiri khususnya bagi masing-masing orang untuk mempertahan diri kita dari arus globalisasi agar sikap dan norma-norma sosial dan budaya kita tidak hilang atau lenyap.
 Ada beberapa yang harus kita lakukan yaitu:
1.      Manyaring atau memfilter dulu segala ajaran atau kebudayaan yang masuk ke negara kita.
2.      Mempelajari terlebih dahulu segala materi sosial dan budaya yang masuk ke negara kita.
3.      Meningkatkan rasa bangga dan cinta pada kebudayaan dan bangsa sendiri.
4.      Mengambil hal positif nya saja dari budaya-budaya barat, Negatif nya tinggal kan.
5.      Tidak terjebak atau mengikuti mode atau trend budaya barat yang serba bebas yang dapat menghilangkan identitas kebudayaan kita.
6.      Mempromosikan dan mengkreasikan kebudayaan kita agar seluruh dunia dapat melihatnya dan tidak kalah dengan kebudayaan kebaratan.
7.      Meniru dan mempelajari pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi, disiplin serta mental kerja dan melayani yang baik dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa.
8.      Kita juga harus belajar melihat Dunia dari perspektif yang berbeda sesuai dengan kepentingan dan nilai masing-masing tanpa melunturkan Identitas budaya bangsa kita.

Untuk mewujudkan semua itu harus dimulai dari kesadaran masing-masing individu serta dukungan pemerintah yang berdaulat untuk memajukan bangsa indonesia.

Sumber:
http://www.g-excess.com/pengertian-dampak-dan-contoh-contoh-globalisasi.html
http://sisterliniertogatoropregulera12.blogspot.com/2012/11/pengaruh-globalisasi-dalam-bidang-sosial.html
http://swanto-global.blogspot.com/2013/03/dampak-globalisasi-di-bidang.html
http://margarethagrace.blogspot.com/2014/01/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar