nama

nama

Sabtu, 10 Oktober 2015

TUGAS 1 SOFTSKILL (No.1)

PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA
1.      SEJARAH DAN PENGERTIAN TENTANG INTERNET!


Sejarah internet dimulai dari lahirnya ARPAnet (Advance Research Projects Agency Network) pada tahun 1969. ARPAnet dikembangkan oleh IPTO (Information Processing Techniques Office) dengan dukungan penuh dari US DARPA (The United States Department of Defense Advance Research Projects Agency). Tujuan awal proyek ini adalah untuk membangun komunikasi data dari node (komputer) yang satu dengan node yang lainnya yang jaraknya berjauhan. Saat itu mesin yang digunakan untuk berkomunikasi disebut IMPs (Interface Message Processors). Komunikasi data pertama dilakukan antara mesin IMPs yang berada di UCLA di bawah kendali Leonard Kleinrock’s yang berada di Stanford Research Institute pada oktober 1969.
Tahun 1972, Roy Tomlinson menciptakan email untuk ARPANET. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London adalah komputer pertama di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota ARPANET. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan newsgroup pertama yang diberi nama "USENET". Tahun 1981, France Telecom meluncurkan telepon televisi atau yang biasa dikenal dengan nama "video chat". Tahun 1982, dibentuk Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) untuk mengidentifikasi komputer.
Setiap tahun, orang-orang dan perusahaan berlomba-lomba mengembangkan internet. Dua tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1984, dikenalkan sistem dengan nama DNS (Domain Name Server) dan komputer yang saling terhubung dengan jaringan sudah melebihi 1000 komputer. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia memperkenalkan Internet Relay Chat (IRC). Tahun 1990, Tim Berners Lee menemukan program penjelajah situs yang dikenal dengan nama "www" atau "World Wide Web".
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.
Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.


Pengertian Internet adalah rangkain hubungan jaringan komputer yang dapat di akses secara umum di seluruh dunia, yang mengirimkan data dalam bentuk paket data berdasarkan standar Internet Protocol (IP), dan juga internet adalah kumpulan dari jaringan-jaringan komputer di dunia yang tersebar dari jutaan unit-unit kecil seperti jaringan pendidikan, bisnis, komunikasi (e-mail, telephone) dan lainnya. 
Ada 3 pendapat yang mengatakan internet adalah sebuah singkatan dari kata International Network, Internetworking dan Interconnected Network. Beberapa ahli lebih sering menyebut internet yaitu Interconnected Network.
           






DAFTAR PUSTAKA

Yuhefizar, 2008. 10 Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta: Elex Media Komputindo

Thomas, Muhammad. 2015. Sejarah Singkat Lahirnya Internet, http://multekno.blogspot.co.id/2015/01/sejarah-singkat-lahirnya-internet.html


Firman, 2013. Sejarah Singkat Perkembangan Internet dari Masa ke Masa. http://vengenzblog.blogspot.co.id/2013/03/sejarah-singkat-perkembangan-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar